Pages

Monday, July 16, 2012

SMART BUYER

      Kemaren gue belanja perabot kosan sekaligus kebutuhan bulanan gue. Eh apa? Belanja?? Kalo soal ini gue ahlinya. Gue adalah SMART BUYER. Tolong jangan hanya terpikir pada Smart phones atau smart TV. Karena “Smart” tak hanya tersurat dalam sebuah obyek tapi juga tersirat dalam sebuah obyek. Mau bukti? Ambillah cermin, dan bercerminlah! Kita diciptakan Tuhan untuk menjadi Makhluk Pintar dan paling mulia di antara makhluk-makhluk-Nya yang lain. Namun banyak manusia yang menggunakan kepintarannya di jalan yang salah. Sayang banget ya?! Oya, jangan lupa juga kalo Smart phones diciptakan oleh smart man. :)
     Kembali ke Lap… eh salah maksud gue SMART BUYER! Hampir saja gue jadi kayak Tukul Mas koki. Ehehee.. :P. Sepertinya capslock gue jebol deh kalo nulis dua kata itu. Wkwkwk. Keyboard gue kayaknya udah jadi smart keyboard nih sampe-sampe udah tau kata pamungkas gue :)
      SMART BUYER. I’m a SMART BUYER. Yang setuju mana suaranyaaa?? Sepertinya memang hanya suara gue yang terdengar dari tadi. Ahahaha. Ya benar, gue emang merasa kalo gue adalah salah satu SMART BUYER. Dua orang telah mengakuinya. Salah satunya Rosalinda, temen gue.
   Kata orang Pelit dan Irit itu beda tipis. Salah satu teman gue, Fernandito yang juga merupakan presiden di salah satu perserikatan finansial terkemuka di negeri ini (entah negeri apa??), mati-matian membahas masalah ini di blognya. Berkali-kali gue kasih tau kalo gue ini bukan pelit, gue hanya selalu menggunakan uang dengan bijak. Pernyataan gue ini diiyakan juga oleh Fernandito.
    “Kalo ada yang murah, kenapa  mesti bayar lebih?” slogan ini memang keren! Buat apa sih kita berburu barang yang jelas-jelas menguras isi dompet? Karena Brand kah? Sampai kapan kita mau ditipu brand? Syukur-syukur kalo brandnya berkualitas. Nah kalo misalnya ada dua barang yang keduanya punya kualitas yang sama namun harganya berbeda? Lo bakal pilih mana? Yang lebih murahkah? Atau yang lebih mahal?
    Kemaren itu gue belanjanya enjoy banget. Gue senang, karena gue bisa ngedapetin barang-barang yang gue cari dengan harga yang relatif murah. Gua puas. Itu berarti gue dapet seni belanjanya. Oh iya satu lagi, belanja pada waktu yang tepat juga penting banget loh. Lo mesti tau waktu-waktu kapan, pasar/swalayan kurang pengunjungnya. :D
    Oya berhubung gue adalah SMART BUYER, gue mau ngasih tips super buat lo supaya bisa belanja dengan senang hati dan dapet seni belanjanya. Cekidot gan!
  
- Saat masih di rumah
  1. Rencanakanlah waktu belanja. Hindari Tanggal-tanggal muda dan Tanggal-tanggal tua. Tanggal-tanggal segitu biasanya banyak yang berbelanja. Peningkatan pembeli berbanding lurus dengan peningkatan kemacetan troley serta antrian panjang di kasir.
  2. Buatlah shopping list atau daftar belanjaan (kalo perlu dengan prediksi harganya juga). Ini bertujuan agar waktu lo di pasar/pasar swalayan bisa berjalan efektif. Lo akan terhindar dari gerakan bolak-balik yang melelahkan di tempat yang itu-itu aja hanya karena lo lupa ngambil barang di sekitar situ.
  3. Tentukan sebelumnya toko/pasar/pasar swalayan yang hendak lo kunjungi. Lo harus punya referensi toko/pasar swalayan yang harganya relative murah. Buat lo yang jago nawar, ada baiknya lo ke pasar tradisional. Ilmu jago nawar lo gak akan berguna jika lo berbelanja di pasar swalayan.  Lo bisa super happy karena mendapatkan barang-barang yang super murah di pasar.
  4. Yang terpenting adalah DUIT. Lo harus punya duit dulu baru bisa belanja. Sistem barter barang udah gak jaman lagi sekarang, apalagi di kota. Lebih baik sediakan uang yang lebih. Ini penting agar tidak terjadi peristiwa minjem duit di kasir. Ada lagi peristiwa memalukan yang sering terjadi ketika lo baru nyadar kalo duit lo gak cukup yaitu, kaget-melongo-panik dan ‘mbak, barang ini dibatalin aja’ sementara orang-orang yang mengantri di belakang lo menyaksikan peristiwa memalukan ini.
- Saat berada di toko/pasar swalayan
  1. Cek dompet sebelum memasuki toko/pasar swalayan. Pastikan duitnya ada. Kalo gak ada, silahkan cari ATM, kalo gak ada mending pulang aja dan baca lagi tips gue yang di atas! (=,=”)
  2. Optimalkanlah keberadaan “shopping list”, mulailah mencari barang dari sisi yang paling ujung. Jangan memulai dari tengah. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin!
  3. Jangan mudah tergiur dengan barang-barang yang tidak lo perlukan. Carilah barang yang ada di daftar belanjaan lo.
  4. Jika menemukan jenis barang dengan harga yang berbeda, lo harus memutuskan dengan beberapa pertimbangan, 1). Kualitas; 2). Kuantitas; dan 3). harga. Cermati barangnya. Merk apa pun itu, jika lo tau kualitasnya baik, kuantitasnya banyak, dan harganya yang agak murah, selamat! Lo berhasil mendapatkan barang yang lo cari. Jangan pernah memandang brand karena barang brand belum tentu berkualitas. Jika lo menjumpai barang yang kualitas jauh lebih bagus ketibang merk yang lain namun harganya agak sedikit mahal, masukanlah barang itu dalam keranjang/trolley lo. Tapi jika kualitas tiap merk lo anggap mirip, maka carilah yang harganya lebih murah, tapi ingat lo harus memeriksa kuantitasnya. Terkadang harga menipu. Jadi cermatlah dalam memilih barang!
  5. Sebelum memasuki kasir, periksa kembali shopping list dan belanjaan lo. Pastikan apa yang tertera di daftar belanjaan telah lengkap di dalam keranjang/trolley lo. Ini penting agar supaya lo gak keluar dari antrian hanya karena ada barang yang kelupaan. Kan sayang waktu ngantri jadi sia-sia.
Itulah tips belanja gue. Semoga bermanfaat. Gampang kan jadi SMART BUYER? Intinya gunakanlah duit secara bijak, hargailah duit! :)

4 comments:

Ony Elnyno (Leony A Wenno) said...

Follow dang qt p Blog.. Hehehehe..
So jaga ba logat dang eeeee....

Aya said...

i don't know where the follow box on ur blog is :D

ehee.. hanya ingin jadi orang lain :P

andre[jors] said...

Le wild Fernandito appears!!!
visit my blog fioaf.blogspot.com (numpang ngiklan)
gracias gracias :D

Aya said...

wkwkwk
everybody will know about the differences of Parsimonious/stingy and economical after reading you blog! let's visit Andre's blog. it's recommended!

btw, doi dang presiden! :P

Post a Comment